Saturday, April 1, 2017

Kenapa Kebanyakan Pesawat Berwarna Putih? Ini Alasannya.




Sadar atau tidak? Kalau ternyata kebanyakan pesawat yang berada di udara dan bandara memiliki warna dominan putih. Tapi warna ini tentunya bukan tanpa di sengaja, melainkan memiliki alasan khusus tersendiri.


Memang sih, beberapa maskapai memang memiliki ciri khasnya tersendiri dan bahkan ada yang memiliki gambar dan dekorasi tertentu dengan penempatan nama sang maskapai pada pesawat terbangnya tersebut. Dilansir dari scienceabc.com ternyata pesawat yang memiliki warna putih ini memiliki alasan tersendiri lho! Berikut beberapa alasannya.

1. Memiliki Kelebihan Termal

Warna putih ini merupakan warna yang paling tahan lama pudar, bahkan jika sering terkena sinar matahari. Para peneliti juga mengklaim kalau warna yang berbeda-beda itu lebih mudah panas karena cahaya menyerap warna selain putih, jika pesawat memiliki warna putih akan membuat gelombang cahaya jatuh dan tidak terserap sehingga pesawat tidak mudah panas dan suhu di dalam ruang pesawat akan tetap terjaga.

2. Mengurangi Biaya Operasional

Semakin banyak warna yang menempel pada dinding luar pesawat, akan semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan dan tentunya biaya operasional semakin melonjak. Karena sekali mengecat pesawat membutuhkan biaya sekitar $50,000 sampai $300,000 atau sekitar Rp 600 juta atau sampai Rp 3 miliar. Sekarang sudah cukup mengerti bukan penjelasan yang kedua ini, mengapa kebanyakan pesawat memiliki warna dominan putih?

3. Gampang dijual Kembali

Jika badan pesawat memiliki warna dominan putih, pasti akan lebih praktis dan ekonomis jika ingin dijual kembali. Karena hal ini disebabkan tidak perlunya mengecat ulang dan menjualnya kepada calon pembeli nanti dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk menjual pesawat ini.

4. Warna Tidak Pudar

Warna putih tidak akan cepat pudar walau setiap hari terkena matahari. Sadar atau tidak, jangankan pesawat terbang, baju saja yang dijemur dan terkena matahari hampir gampang pudar.

Alasan pesawat berwarna putih ini juga mempengaruhi hal yang keempat. Sebab, mereka tidak perlu repot-repot untuk mengecat dan memperbaiki warna yang pudar.

5. Lebih Mudah Terdeteksi Jika Ada Kerusakan

Pesawat yang berwarna putih juga tentunya akan lebih memudahkan para petugas dalam mengecek kondisi dari badan pesawat. Petugas diwajibkan dengan sangat rutin untuk mengecek apakah ada keretakan atau ada atau tidaknya korosi pada permukaan badan pesawat.

So, pesawat yang memiliki warna dominan putih memang lebih memudahkan para petugas dan banyak keuntungan yang sudah disebutkan tadi di atas. Sekarang, kamu sudah tahu kan mengapa kebanyakan pesawat memiliki warna dominan putih?


EmoticonEmoticon