Thursday, April 13, 2017

Alipay Ancam Dominasi Paypal




Bermula sebagai service yang tidak terpisahkan dari ekosistem Alibaba, Alipay, saat ini sudah menjelma jadi satu diantara service finansial yang mandiri serta berkembang cepat. 

Berdiri pada 2004, aplikasi mobile Alipay telah berkembang tidak lagi sebatas system pembayaran semata, tetapi one-stop portal untuk semua jalan keluar pembayaran. 

Beberapa analis memprediksi, service ini bisa berkembang semakin besar dari PayPal. Argumennya, Alipay tawarkan service lebih menyeluruh daripada PayPal yang masihlah fokus pada system pembayaran semata. 

Aplikasi mobile Alipay di desain untuk beberapa keperluan transaksi. Sebagai contoh, pemakai dapat mentransfer duit ke pemakai Alipay lain atau sama-sama sharing tagihan dengan memakai QR code. 

Diluar itu, service ini dapat juga dipakai untuk membayar beberapa tagihan pulsa hp, beli tiket kereta, termasuk juga mengecek saldo dari akun tabungan yang tersambung. 

Alipay juga sudah bermitra dengan beberapa pebisnis kecil yang sangat mungkin pemakainya lakukan pembayaan di banyak website, sekalian tingkatkan transaksi di toko off line. 

Tidak cuma itu, service yang didirikan oleh Jack Ma itu sudah bekerja sama juga dengan Wal-Mart serta Carrefour supaya pemakainya bisa membayar lewat Alipay waktu belanja di supermarket itu.


Selama event besar seperti Tahun Baru Tiongkok, pengguna Alipay juga dapat mengirimkan angpao ke teman atau keluarga yang sudah bergabung sebagai anggota.

Dengan kata lain, sistem pembayaran Alipay merupakan solusi terintegrasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan dapat dipakai sehari-hari.

Pertumbuhan pengguna layanan ini juga terbilang pesat. Pada 2015, ada sekitar 350 juta pengguna terdaftar dan lebih dari 80 juta transaksi yang dilakukan setiap hari.

Laporan terkini mencatat, ada lebih dari 450 juta pengguna aktif di Tiongkok dan sekitarnya yang memanfaatkan layanan Alipay.

Sementara itu, Paypal baru memiliki 192 juta pengguna aktif, dengan transaksi melonjak 24 persen menjadi 1,5 miliar. Pun demikian, akhir tahun lalu, saham PayPal berada di bawah tekanan, turun hampir 4 persen. 

Di samping itu, Alipay kini telah merambah ke sejumlah pasar lain yang sebelumnya tak tersentuh PayPal. Terkini, layanan tersebut baru saja mengumumkan kerja sama dengan PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek). 

Kedua perusahaan tersebut akan mendirikan usaha patungan guna meluncurkan platform elektronik baru untuk jasa pembayaran dan keuangan lainnya serta meningkatkan aksesibilitas jasa keuangan digital di Indonesia.



EmoticonEmoticon