Friday, July 28, 2017

Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal ke Arah Mekah Jelang Musim Haji



Pemberontak Houthi Tembakkan Rudal ke Arah Mekah Jelang Musim Haji

Pemberontak Houthi di Yaman menembakkan rudal yang mengarah ke Mekah, Arab Saudi, pada Kamis (27/7) malam. Penembakan berlangsung menjelang musim haji. 

Diberitakan Saudi Press Agency, kabar adanya penembakan dari pemberontak Houthi dilaporkan Koalisi Militer Arab yang sedang berperang di Yaman. Militer Arab Saudi menghentikan laju rudal di 69 kilometer dari Mekah. 

"Ini adalah upaya putus asa dari Syiah Houthi untuk mengganggu haji," sebut pernyataan resmi Koalisi Militer Arab, Jumat (28/7). 

Setelah mendapatkan serangan dari Koalisi Militer Arab, pemberontak Houthi memang kerap menembakkan rudal jarak pendek ke wilayah selatan Arab Saudi. Sebelum serangan ini, pada Oktober 2016, pernah ada juga rudal yang mengarah ke Mekah. Serangan itu memicu kecaman dari negara-negara Arab. Namun, serangan yang diduga untuk mengganggu penyelenggaraan ibadah haji, baru terjadi kali ini. Belum ada pernyataan dari milisi Houthi.

Pemberontak Houthi merupakan milisi penganut Syiah yang membela mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. Mereka memulai pemberontakan dan mulai menjadikan Arab Saudi sebagai sasaran dalam dua tahun terakhir. Mereka menganggap Arab Saudi berada di balik turunnya Abdullah Saleh dari jabatannya dan mendukung Abedrabbo Mansour Hadi sebagai penggantinya. 

Serangan Houthi dibalas Arab Saudi dengan membentuk koalisi miiter yang menyerang basis kekuatan milisi itu sejak Maret 2015 hingga kini.

Peperangan ini sudah menyebabkan lebih dari 4.000 orang tewas dan puluhan ribu terluka. Selain itu, pertikaian telah menyebabkan wabah kolera di Yaman pada pekan ini.




EmoticonEmoticon