Wednesday, March 15, 2017

Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan alami



Cara Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan alami

Penyebab sakit tenggorokan sangatlah bermacam-macam. Kebanyakan diantaranya disebabkan oleh penyakit infeksi kuman ataupun alergi. Infeksi kuman pada tenggorokan yang paling sering terjadi adalah disebabkan oleh virus, sehingga tidak dibutuhkan antibiotik untuk melawan penyakit ini, melainkan cukup dengan obat alami sakit tenggorokan saja (antibiotik hanya untuk melawan bakteri).

Sakit tenggorokan rasanya memang sangat mengganggu, membuat aktivitas sehari-hari terasa tidak nyaman. Kadang penyakit ini datang dengan tiba-tiba, kadang juga muncul perlahan didahului kondisi kesehatan yang menurun. Untungnya kebanyakan sakit tenggorokan tidak membutuhkan pengobatan yang serius, sehingga obat alami dapat dijadikan alternatif. 

Ada banyak obat alami sakit tenggorokan yang bisa dengan mudah didapat di sekitar kita. Banyak diantaranya yang mungkin saat ini sudah Anda punya di rumah, seperti madu, jeruk lemon, ataupun garam. Mengobati sakit tenggorokan dengan bahan-bahan ini sama baiknya dengan menggunakan obat modern, kecuali jika sakit tenggorokan yang diderita merupakan komplikasi berat. Obat alami ini akan mampu meredakan sakit tenggorokan Anda perlahan-lahan hingga sembuh total tanpa perlu khawatir efek sampingnya, baik jangka pendek ataupun jangka panjang, terutama pada kesehatan liver dan ginjal.

Faktor utama mengapa tenggorokan terjadi iritasi dan meradang adalah bakteri maupun virus. Dan ini akan berlangsung lama jika tidak segera di atasi. Peradangan sendiri tergolong menjadi dua, yakni peradangan yang sifatnya ringan maupun berat. Bedanya peradangan membuat penanganannya berbeda.

Bila terjadi peradangan ringan, Anda bisa menerapkan cara mengobati radang tenggorokan alami menggunakan air garam. Air garam ini sifatnya sebagai antibakteri. Dengan kata lain, air garam nantinya ditujukan untuk membasmi pembuat onar di dalam tenggorokan.

Untuk membuatnya, Anda cukup sediakan air hangat segelas saja. Kemudian tambahkan garam satu sendok saja. Baru kemudian gunakan untuk berkumur atau bisa juga diminum bila tenggorokan juga berdahak. Karena sifat air garam bisa melarutkan dahak. Makanya, dahak di dalam tenggorokan juga akan hilang bila Anda meminum air garam hangat. Sementara bila peradangan tenggorokan berat, pemanfaatan antibiotik perlu dilakukan. Dan ini butuh resep dokter khusus untuk menanganginya.

Terlepas bagaimana cara Anda memanfaatkannya, cara mengobati radang tenggorokan alami ini cukuplah mudah dan murah.


EmoticonEmoticon