Thursday, May 4, 2017

Mulai Oktober 2017 Semua Gerbang Tol Terapkan Non Tunai



Mulai Oktober 2017 Semua Gerbang Tol Terapkan Non Tunai

Pemerintah merencanakan menerapkan pembayaran nontunai pada semua gerbang tol di Indonesia mulai Oktober 2017. Ini artinya seluruh gerbang tol tidak akan lagi terima transaksi tunai. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Triputra Zuna menyampaikan, penerapan transaksi nontunai di seluruh gerbang tol sudah jadi program pemerintah. Targetnya program itu telah dapat di terapkan sepenuhnya pada Oktober tahun ini. 

Program kita untuk di Oktober. (Seluruh transaksi tunai dihapus?) Iya, jadi transaksinya dengan nontunai semua. Semua (gerbang tol) di seluruh Indonesia.

Supaya program itu dapat jalan dengan baik, sekarang ini BPJT bersama Bank Indonesia, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dan perbankan selalu lakukan sosialisasi pada pengguna tol. 

Diluar itu, tim tekhnis juga tengah lakukan persiapan di lapangan untuk pemasangan alat pembayaran nontunai. 
‎ 
" Kita rutin dengan BI, ada tim sosialisasi yang terkait dengan edukasi serta bebrapa usaha penambahan penetrasi itu gabungan BUJT, bank, BI serta kita, ada pula tim tekhnis yang terkait dengan kesiapan di lapangan, " papar dia. 

Adapun nanti alat pembayaran yang dipakai tidak dari bank tertentu saja, tetapi semuanya bank bakal ikut serta. Pemasangan alat pembaca kartu uang elektronik juga dinilai tidak akan memakai waktu lama karna cukup menempatkan alat penambahan di tiap-tiap gardu pembayaran tol. 
‎ 
" Semua bank, tak membatasi, jadi multi bank. Prinsipnya alat yang ada di lapangan sekarang ini sudah bisa baca uang elektronik, namun nanti kita improve dengan alat yang dia bisa baca seluruh kartu. Jadi satu alat dapat baca seluruh kartunya bank. (Alat) Ini ditambahkan, bukan mengganti, " jelas dia. 

Pemerintah akan lakukan eksperimen penerapan transaksi nontunai di beberapa ruas tol. Sekurang-kurangnya ada dua ruas tol bakal diuji coba yaitu tol Juan-Waru serta Cluster 1 Cikopo yaitu Cikarang-Palimanan. 

‎ " Bila ujicoba untuk multi issue itu akan dikerjakan di Juanda-Waru serta Cluster 1 Cikopo, itu bakal selekasnya akan kita kerjakan, " tandas dia. 


EmoticonEmoticon